Interpretasi Petrofisika : Lumping

May 01, 2019
Dalam interpretasi petrofisika kita sering kali mendengar istilah "Lumping". Nah apakah yang dimaksud dengan Lumping? Berikut kita uraikan.

Lumping merupakan pendeskripsian yang lebih sederhana dari parameter-parameter petrofisika di dalam zona reservoir di setiap sumur. Lumping memiliki nilai kumulatif dari parameter petrofisika yang diukur pada zona target. Nilai kumulatif tersebut terdiri dari parameter pada setiap kedalaman sampling. 

Nilai interval sampling ditentukan dengan nilai penggal (cutoff) yang menghilangkan zona tidak produktif sehingga didapatkan zona net reservoir dan net pay. Net reservoir merupakan zona produktif reservoir dengan nilai porositas besar dan kandungan lempung kecil, sedangkan net pay merupakan zona produktif reservoir yang hanya tersaturasi hidrokarbon sehingga ditambahkan nilai penggal saturasi air yang tidak diperlukan.

Hasil dari proses cutoff dapat dilihat pada gambar berikut.



Untuk memudahkan pelaporan nilai-nilai parameter petrofisika yang didapatkan setelah cutoff maka dibuat kurva yang berupa rangkuman keseluruhan nilai yang didapatkan.

Berikut contoh lumping dari hasil analisis petrofisika.



Semoga dengan membaca penjabaran diatas kalian bisa lebih memahami mengenai lumping. Selamat belajar...


Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Terimakasih atas penjelasan singkat tentang lumping. apakah admin berkenan jika membagikan sumber refrensi literatur terkait pengertian lumping ini?

Balas